LOMBA MENULIS CERPEN MIMPI

Mimpi adalah kunci untuk kita menaklukkan dunia.


Masih ingat lirik lagu yang dipopulerkan oleh grup band Nidji? Yups, lagu itu menjadi lagu tema yang begitu membekas di telinga para penonton film Sang Pemimpi.

Kita butuh sekali mimpi dalam hidup. Sebab, bisa menjadi penyemangat untuk mewujudkannya menjadi nyata.


Mimpi setiap orang pasti berbeda-beda. Ada yang bermimpi ingin kuliah dengan beasiswa. Ada yang bermimpi ingin bekerja di suatu profesi yang diidamkan sejak kecil. Ada juga yang bermimpi ingin memiliki rumah. Dan, sederet mimpi-mimpi lainnya yang tak bisa disebutkan satu per satu.

 

Berbicara tentang mimpi, kalian pasti asing dengan istilah Lucid dream dan Oneironaut kan? Lucid Dream adalah sebuah keadaan di mana kita sadar bahwa apa yang sedang kita alami adalah sebuah mimpi. Sementara, Oneironaut adalah sebutan bagi yang bisa menjelajahi mimpi dengan sadar dan mengendalikannya. Wah, seru ya jika memiliki kekuatan itu?

 

Pada kompetisi cerpen pertama yang diselenggarakan Penerbit Jagat Litera bertema mimpi. Kalian bebas menuliskan cerita tentang mimpi, mulai dari mimpi kalian atau bahkan kalian yang bisa masuk mimpi orang. Kompetisi ini bertujuan menyediakan antologi cerita pendek yang dapat menjadi bahan bacaan.

   Syarat dan Ketentuan

Peserta proyek merupakan Warga Negara Indonesia (WNI), tanpa batasan usia.

Naskah asli karya sendiri, tidak mengandung unsur pornografi dan SARA.

Naskah diketik di Microsoft Word (doc./ docx.) 3-5 halaman A4, margin normal, spasi 1,5, Times New Roman 12 pt.

Diakhir naskah dilengkapi biodata narasi maksimal 50 kata.

Contoh:

o   Aldebaran Alfahri namanya. Ia lahir di Situbondo, 04 April 2004. Kini, ia menempuh pendidikan di SMAN 2 Situbondo. Remaja manis ini pernah mendapatkan anugerah pelajar berprestasi di tingkat Situbondo. Walaupun sibuk di tengah pelajaran yang menyita waktu, ia tak melupakan hobi melukis dan menulisnya. Bagi yang ingin menyapanya bisa di IG @AldebaranAlfahriOK.

 

o   Andin Elsa Saputri merupakan siswi SMAN 2 Situbondo angkatan tahun pelajaran 2020/2021. Ia memiliki banyak hobi. Namun, hobi menulis dan menonton drama Korea menjadi hobi utamanya. Andin, demikian sapaan akrabnya, bercita-cita menjadi artis di layar kaca yang tak hanya pandai berakting, tetapi juga menyebarkan pengalaman dan ilmunya melalui tulisan. Kenalan lebih jauh dengan Andin yuk! Kalian follow di Tiktok @AndinES.

·      Naskah dikirim melalui pranala berikut https://bit.ly/LombaCerpenMimpi.

·      20-25 naskah yang terpilih akan dibukukan.

Hadiah

·   Juara 1: Uang tunai Rp 150.000 + 1 buku eks terbit + sertifikat + voucher diskon penerbitan Rp 50.000.

·   Juara 2: Uang tunai Rp 100.000 + 1 buku eks terbit + sertifikat + voucher diskon penerbitan Rp 50.000.

·      Juara 3: 1 buku eks terbit + sertifikat + voucher diskon penerbitan Rp 50.000.

·      20-25 nominator terpilih mendapatkan diskon pembelian buku sebanyak 15%.

 

Tanggal Penting

Tenggat waktu pengiriman naskah: 21-7-2021

Pengumuman pemenang dan nominator: 1-8-2021


0 Komentar