JENIS-JENIS BUKU DAN TEMPLATE BUKU

Membaca buku menjadi aktivitas yang sering kalian lakukan. Tidak mungkin sebagai makhluk yang membutuhkan asupan pengetahuan dan pengalaman, Sobat Jagat tidak pernah membaca buku. Setidaknya Sobat Jagat pasti pernah membaca buku selama masa sekolah kan?

 


Nah, dari kegiatan membaca buku tersebut, Sobat Jagat lebih suka membaca versi cetak atau versi elektronik? Ternyata menurut penelitian yang dilakukan CEO Jagat dengan menggunakan metode kuisoner di status Facebook. *huuuah, kok sok ilmiah pembahasannya ya*

 

Penelitian tersebut menyatakan bahwa 84 % lebih menyukai buku cetak, sementara 16 % menyukai buku elektronik. Alasannya terdiri atas lima, yakni (1) kesehatan mata, (2) ikatan emosional, (3) tidak banyak godaan, (4) dapat diwariskan, dan (5) praktis. Alasan-alasan tersebut tentu bersifat subjektif ya, Sobat.

 

Kalau Sobat Jagat lebih menyukai buku elektronik tidak apa-apa lho. Yang paling penting, Sobat Jagat terus membaca ya!

 

Nah, dari bentuk buku cetak tersebut, Sobat Jagat perlu tahu juga jenis-jenis buku. Secara umum, jenis buku terbagi menjadi dua kelompok besar, yakni buku nonfiksi dan buku fiksi. Dari dua kelompok tersebut masih dibagi ke dalam sub-kategori lainnya. Lebih jelasnya, Sobat bisa melihat gambar berikut.

 

Kalau Sobat Jagat menemukan contoh lain untuk buku nonfiksi dan buku fiksi, silakan tambahkan di kolom komentar ya!

 

Membaca kedua jenis kelompok buku tersebut begitu penting bagi Sobat Jagat. Dikutip dari laman halo.doc, membaca ternyata memiliki enam manfaat, yakni (1) memperlambat proses penyakit Alzheimer, (2) meningkatkan daya ingat, (3) meningkatkan kemampuan konsentrasi, (4) menurunkan risiko stres dan depresi, (5) hiburan murah, serta (6) meningkatkan kemapuan komunikasi.

 

Wah, banyak banget ya! Dari enam manfaat itu pasti Sobat Jagat merasakannya, kan?

 

Dari kegiatan membaca juga membuat Sobat Jagat tahu ukuran buku. Yups, ukuran buku itu menentukan tingkat kenyamanan membaca lho. Oleh karena itu, umumnya ukuran buku juga disesuaikan dengan jenis buku. Agar tidak bingung, Sobat Jagat dapat membaca tabel berikut.

Jenis Ukuran Buku

A4

A5

Unesco

B5

Ukuran 20 x 29 cm

Jurnal

Prosiding

Ukuran 13 x 19 atau 14 x 20 cm

Buku fiksi

Ukuran 15,5 x 23 cm

Buku ajar

Buku referensi

Ukuran 17,5 x 25 cm

Buku ajar

Buku referensi


Dari empat jenis ukuran buku tersebut, Sobat Jagat lebih banyak memiliki buku ukuran yang mana? Atau Sobat Jagat malah ingin menerbitkan buku sesuai dengan jenis buku di tabel tersebut.

 

Wah, kalau mau menerbitkan boleh pakai banget. Minja juga bakal memberikan template empat ukuran buku tersebut secara gratis lho.

 

Sobat Jagat dapat mengunduh di sini!

·      Template A4                

·      Template A5                

·      Template Unesco         

·      Template B5                 

·      

Kalau sudah mengunduh, Sobat Jagat bisa langsung mengirimkan naskah ke Minja. Caranya klik di sini. Mudah banget bukan?

 

Minja tunggu naskahnya ya!

 

Salam,

 

Minja

 

 

 

0 Komentar