KONVERSI BUKU ILMIAH KE BUKU POPULER, BISAKAH?

Siapa yang mengenal, sedang berjuang, atau telah selesai berjuang untuk menyelesaikan tugas akhir? Ayo, ngacung!  Semoga Sobat Jagat yang sedang berjuang menyelesaikan masa studinya diberikan kemudahan ya. Amin.

 

Tugas akhir yang dikerjakan oleh Sobat Jagat pasti ditulis dengan ragam bahasa ilmiah kan? Belum lagi referensinya yang banyak dan relevan sesuai topik penelitian.

 

Dalam menyelesaikan tugas akhir tersebut, Sobat Jagat pasti memiliki banyak kesan yang berarti ya. Minja juga pernah merasakan berjuang tugas akhir kok dan mungkin akan terus berjuang untuk hal-hal lain. *eh

 

Setelah selesai berjuang menyelesaikan tugas akhir sebagai prasyarat kelulusan, Sobat Jagat pasti langsung bendel atau mencetak, lalu memberikannya kepada perpustakaan kampus, bukan?

 

Ayo, prediksi Minja pasti benar! 

 

Pernah tidak terbersit ingin membukukan karya ilmiah tersebut?

 

Aduh, Minja, please deh, mengerjakan tugas akhir aja berat. Syukur sudah lulus deh. Kalau dibuat buku nanti perlu bekerja keras lagi dong.

 

Eitss, pernyataan yang dicetak tebal barusan itu tak perlu keluar ya! Sebab, Minja menyediakan paket baru bernama Paket Jagat Konversi.

 




Paket Jagat Konversi memberikan empat fasilitas keren, yakni (1) parafrase, (2) restruktur bab, (3) editing dan proofread, (4) pendampingan naskah, dan (5) cek similarity Turnitin. Paparan lebih lanjut sebagai berikut.


    (1) Parafrase


Layanan ini dilakukan dengan mengubah struktur kata, kalimat, dan paragraf yang bersumber dari ragam bahasa ilmiah menjadi ragam bahasa populer. Artinya ragam bahasa ilmiah yang digunakan dalam tugas akhir (artikel, skripsi, tesis, dan disertasi) diubah menjadi ragam bahasa populer.




     (2) Restruktur bab

   Layanan ini dilakukan dengan mengubah struktur bab dalam karya ilmiah menjadi struktur bab dalam buku referensi. Struktur bab dalam karya ilmiah umumnya terdiri atas lima, yakni Bab I Pendahuluan, Bab II Tinjauan Pustaka, Bab III Metode Penelitian, Bab IV Hasil Penelitian dan Pembahasan, dan Bab V Penutup. Lima struktur tersebut nantinya dapat diubah menjadi lebih populer dan dapat mengasumsikan minat pembaca.

(3) Editing dan Proofread

Layanan edit berfokus pada kegiatan penyuntingan seperti (1) tata bahasa, (2) tanda baca, dan (3) struktur kalimat. Sementara, layanan proofread adalah kegiatan pengecekan akhir naskah sebelum diterbitkan. Kedua layanan ini kerjakan oleh dua orang yang berbeda, yakni (1) editor dan (2) proofreader. Keberadaan dua layanan ini untuk memastikan bahwa naskah sudah siap untuk diterbitkan dan mengurangi tingkat kesalahan penulisan.

(4) Pendampingan Naskah

Layanan pendampingan naskah dilakukan oleh Redaksi Jagat. Dari layanan ini, penulis mendapatkan fasilitas diskusi dan catatan revisi. Setelah itu, penulis perlu melakukan tindakan revisi agar naskah segera dapat diterbitkan.

(5) Cek Similarity Turnitin

Dalam menulis karya ilmiah umumnya perlu dicek tingkat kemiripan yang dikenal dengan istilah similarity. Aplikasi yang paling banyak digunakan untuk cek kemiripan tersebut bernama Turnitin.

Layanan cek similarity bersifat opsional. Artinya, bagi Sobat Jagat yang tidak memerlukan layanan ini tidak apa-apa.

Kembali ke judul dalam artikel ini, sudah pasti Sobat Jagat dapat menjawab bahwa bisa banget mengonversi buku ilmiah ke dalam buku populer bukan? Apalagi, ada Jagat Konversi yang menawarkan lima fasilitas keren.

Lima fasilitas tersebut juga sudah termasuk dalam pracetak (seperti layout dan desain sampul). Selain itu, Sobat Jagat juga mendapatkan 5 eks buku terbit (berukuran A5) dan 4 eks buku terbit berukuran Unesco.



Sobat Jagat perlu menyediakan dana Rp 2.500.000,00. Bagi yang membutuhkan layanan HKI cukup menambahkan Rp 500.000,00. Cukup murah bukan?

Kalau mau mengonversi sendiri, bagaimana? Wah, ini boleh bangeet. Sobat Jagat nanti bisa langsung memilih paket penerbitan lainnya ya.

 

 

0 Komentar