MENGENAL TRIANA, DESAIN COVER DAN DESAIN MEDIA SOSIAL SEKALIGUS ILUSTRATOR PENERBIT JAGAT LITERA

 

Triana Novitasari, akrab dipanggil Triana atau Tri. Lahir di Jember, 18 November 1996. Ia memiliki hobi menggambar sejak balita, tetapi selepas SMA memutuskan untuk melanjutkan studi di Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jember.

 


Saat kuliah ia aktif berorganisasi di Lembaga Pers Mahasiswa Ekonomi, sembari menyalurkan minat di dunia literasi dan ilustrasi. Selain mengasah hobi menggambar, di sana ia juga mengasah keterampilan lain seperti desain grafis, layout, fotografi, dan menulis.

 

Saat masih menyusun skripsi pada Februari 2019, ia mulai bekerja sebagai layouter di sebuah penerbit indie di Jember, Pustaka Abadi. Lulus pada Oktober 2019, ia tetap bekerja di sana seraya bekerja sebagai pekerja lepas baik untuk instansi maupun kantor.

 

Beberapa proyek yang pernah dan/atau sedang ia kerjakan seperti: membuat komik berseri untuk Bank Indonesia Kantor Perwakilan Jember, booklet dan konten digital untuk Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Jember, konten digital untuk Klinik Pratama Sebelas Medika Probolinggo, cover untuk Penerbit Buku Mojok dan EA Books (Yogyakarta), konten media sosial untuk toko buku online Akubaca dan Sri Rezeki Books (Yogyakarta), serta layout dan ilustrasi untuk Penerbit Beta Aksara (Malang).

 

Pernah mendapat Juara Favorit Kompetisi Kartu Lebaran Digital yang diselenggarakan oleh Outerbloom (Jakarta), pada Mei 2020. Kemudian Juara Harapan Cerita Gambar yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia, pada Mei 2021.

 

Sejak Desember 2020 memutuskan untuk berhenti dari Pustaka Abadi. Kini, ia menjadi layouter dan ilustrator di Penerbit Jagat Litera. Di luar penerbit yang bermarkas di Kabupaten Malang itu, ia menjadi pekerja lepas.

Saat ini ia berdomisili di Jember sambil mengerjakan beberapa proyek yang datang dari beragam kota. Sedang belajar ilustrasi untuk buku anak dan sedikit-sedikit mulai berkenalan dengan dunia animasi. Dapat disapa di Instagram (@triananovitasr).

0 Komentar