MEMBACA POTENSI ILUSTRASI DALAM BUKU

Ilustrasi dapat diartikan sebagai gambar yang menjelaskan isi dari suatu buku atau menjelaskan sebuah tulisan sehingga membantu pembaca dalam memainkan imajinasinya untuk mengartikan tulisan lewat sebuah gambar (KBBI). Ilustrasi dapat ditemukan di berbagai buku, baik buku nonfiksi maupun buku fiksi. Tak hanya itu, ilustrasi juga dijumpai pada cerpen-cerpen yang dimuat di media massa.

 


Keberadaan ilustrasi tersebut disebabkan dapat menarik perhatian pembaca. Coba bayangkan jika buku cerita anak hanya berisi tulisan saja tanpa ilustrasi? Pasti, adik-adik, keponakan, atau anak kita agak sulit memahami buku cerita kan? Apalagi, jika mereka masih berusia di bawah tiga tahun, di bawah lima tahun, dan/atau belum dapat membaca. Dengan kata lain, ilustrasi dapat membantu kita untuk memahami dan menemukan makna dari sebuah tulisan.

 

Ilustrasi juga dapat menambah nilai estetika sekaligus nilai prestise sebuah tulisan lho. Contoh novel Semua Ikan di Langit yang ditulis oleh Ziggy Zezsyazeoviennazabrizkie. 

Novel yang memenangkan sayembara Dewan Kesenian Jakarta (DKJ) dan kemudian diterbitkan oleh Gramedia Pustaka Utama (GPU) itu juga memiliki ilustrasi yang menarik lho. Uniknya lagi, ilustrasinya langsung dibuat oleh penulisnya sendiri. Keren nggak tuh?

 

Memang tidak semua penulis bisa dikarunia bakat dan kemampuan membuat ilustrasi. Namun, keterbatasan tersebut tidak dapat menghalangi Sobat Jagat yang ingin naskahnya memiliki ilustrasi kok.

 

Sobat Jagat dapat menggunakan jasa illustrator yang bertebaran. Tentu untuk menggunakan jasa profesional tersebut, kalian perlu merogoh kocek ya. Sebab, karya kreatif itu tidak gratis. Butuh usaha keras untuk mewujudkannya. Hehehe.

 

Setelah menemukan jasa profesional, Sobat Jagat perlu memilih dua jenis ilustrasi berdasarkan latar belakang. Biasanya harga ilustrasi yang menggunakan latar belakang lebih mahal ketimbang yang tanpa latar belakang ya. Selain itu, harga juga dipengaruhi oleh kondisi warna/hitam putih dan kerumitan ya.

 

Agar tidak bingung, kalian dapat menggunakan jasa Paket Jagat Ilustrasi yang disediakan oleh Penerbit Jagat Litera. Paket ini dapat memberikan ilustrasi sesuai kebutuhan kalian. Untuk harganya dapat dibaca pada gambar berikut.


Berikut ini contoh ilustrasi sesuai jenisnya






Untuk contoh hitam putih sama seperti contoh tanpa latar belakang ya, tinggal ditambahi latar belakangnya saja. Heheh.

 

Tertarik memiliki buku yang berilustrasi? Hubungi Minja segera ya!

 

 

0 Komentar