MENGENAL NOVITA, LAYOUTER PENERBIT JAGAT LITERA

 

Novita Widianingsih atau akrab dipanggil Ita. Lahir di Banyuwangi November 1995. Ia menempuh pendidikan sekolah dasar hingga sekolah menengah kejuruan di Kecamatan Muncar Kabupaten Banyuwangi. Pada tahun 2013, ia mengambil program studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Universitas Jember.

 

Ita memulai karier mengajarnya di Lembaga Bimbingan Belajar di Jember. Sejak 2017, oa aktif sebagai guru kelas untuk SD dan SMP serta guru privat Bahasa Indonesia untuk SMP dan SMA. Setelah dua tahun, ia memutuskan untuk kembali ke Banyuwangi. Kemudian, ia mengajar di Raudhatul Atfal At Taqwa sebagai guru kelas hingga sekarang. Di luar tugasnya mengajar, ia juga anggota KKG RA Kecamaatan Muncar.

 


Ita menggemari bidang seni rupa khususnya menggambar. Ia pertama kali mengikuti lomba menggambar ketika di bangku sekolah dasar. Kemudian, dia terus berproses hingga ia mendapatkan Juara Harapan Pada Lomba Kreasi Batik Tingkat Sekolah Menengah Atas se-Kabupaten Banyuwangi. Pengalamannya tersebut, ia gunakan sebagai bekal mengajar anak didiknya. Alhamdulillah, beberapa dari mereka berhasil menjadi juara.

 

Ita berkenalan dengan dunia layout sejak duduk di bangku kuliah. Saat ada tugas kepenulisan seperti majalah sekolah dan buku ajar sekolah, ia selalu mendapatkan tugas tambahan sebagai layouter. Teman-temannya menganganggap ia mampu, karena  Ia lulusan SMK jurusan Teknik Komputer Jaringan yang sudah terbiasa dengan penggunaan komputer. Awalnya ia merasa asing dengan dunia layouter, tetapi ia merasa tertantang. Karena pengalamannya itulah Gusti, CEO Penerbit Jagat Litera, sering memercayakan beberapa bukunya kepada Ita untuk dilayout sebelum diterbitkan.

 

Ita sudah menjadi freelancer layout sejak 2017. Beberapa jenis buku yang sudah ia kerjakan adalah kumpulan cerpen, kumpulan puisi, majalah, buku ajar sekolah dan pengayaan untuk AUD.

 

0 Komentar